Komik “When I Was a Kid 3” Bikin Heboh, Isinya Mengandung Unsur Sudutkan PMI di Malaysia

Nasional42 Views

Malaysia – Sebuah buku komik berjudul When I Was a Kid edisi ke-3 diperjualbelikan di beberapa toko buku di Malaysia.

Komik tersebut salah satunya menceritakan konten sensitif yang diduga telah mendiskreditkan Pekerja Migran Indonesia (PMI). Pada halaman 154 diceritakan seorang ayah yang memperkenalkan anaknya dengan Pembantu Rumah Tangga (PRT) yang berasal dari Indonesia sebagai monyet. Karena sedang memanjat pohon kelapa di halaman belakang rumah.

Dan buku tersebut, ternyata hingga saat ini masih diperjualbelikan secara bebas di salah satu bookstore terkemuka di Malaysia. Selain itu, buku tersebut juga disebarluaskan di beberapa media, blog pribadi dan akun Goodreads yang telah dibaca oleh ratusan orang dari berbagai kalangan.

Penulis komik tersebut merupakan WN Malaysia kelahiran Singapura bernama Cheeming Boey (Boey) kelahiran 12 April 1978 (45 tahun) dan berdomisili di Amerika Serikat. Sejumlah karyanya pernah ditampilkan di berbagai galeri di AS dan Asia. Sementara komik berjudul When I Was a Kid 1 pernah menjadi best seller penjualan pada Mei 2012.

Sementara itu, Buku When I Was a Kid edisi ke-3 pertama kali diterbitkan pada 1 Januari 2014, namun hingga kini buku tersebut masih terus diproduksi oleh Cheeming Boey hingga tahun 2022 dengan nomor ISBN 987-0-984786-2-5.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *