Pengamat Yakini Yel-Yel Papua Merdeka di Orientasi FISIP Univ Cenderawasih Ada Campur Tangan Pihak Lain, Bukan Ide Maba!

Nasional13 Views

Jakarta – Video amatir yang memperlihatkan puluhan mahasiswa baru sedang mengikuti kegiatan pra kampus atau orientasi mahasiswa meneriakkan yel-yel Papua Merdeka beredar. Video pendek tersebut viral di media sosial dan disinyalir merupakan kegiatan perkenalan kampus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Cenderawasih, Papua.

Para mahasiswa baru dalam kegiatan itu diajarkan meneriakkan yel-yel Papua Merdeka, dan ini menimbulkan kontroversi di jagad maya.

“Papuaaa,” teriak panitia ospek.

“Merdekaaa,” teriak para peserta orientasi menyahuti yel yang diucapkan panitia.

Dihimpun dari berbagai sumber, diketahui kegiatan tersebut dilaksanakan pada Kamis, 4 Agustus 2022.

Pengamat Intelijen dan Keamanan, Stanislaus Riyanta turut mengomentari hal ini. Menurutnya, kegiatan ini bisa jadi salah satu alat eksistensi yang memperalat mahasiswa baru.

“Panitia harus bertanggungjawab. Rektor, Dosen dan seluruh pembimbing kegiatan tersebut juga harus bertanggungjawab.” tegasnya, hari ini.

Stanislaus menjelaskan bahwa hal ini pasti ada campur tangan dari pihak lain, bukan ide mahasiswa baru.

“Mahasiswa baru pasti taat aturan, kalau sampai berani melakukan hal yang melanggar apalagi bertentangan dengan prinsip-prinsip bernegara, tidak mungkin kalau hanya murni karena ide dan ulah mahasiswa baru.” sambungnya.

Stanislaus berharap pihak kampus segera mengklarifikasi dan bertanggungjawab. Jika memang ditemukan indikasi pelanggaran harus diproses sesuai aturan. Selain itu, diharapkan pentingnya kampus menyadari perannya untuk membimbing civitas akademika agar tetap taat kepada Pancasila dan setia pada NKRI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *