Wacana Pembentukan Kodam Baru, Megawati Kritik Pedas : Memangnya Kita Mau Perang?

Nasional7 Views

Jakarta – Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri mengkritik rencana penambahan komando daerah militer (kodam) di tiap provinsi. Menurutnya, saat ini Indonesia tidak dalam situasi perang.

“Katanya mau dibuat di tiap tempat, kodam, Pak udah lah dulu Pak. Ini enggak ada perang, satu. Kedua, apa kita juga mau perang?” ujar Megawati saat menyampaikan pidato di acara HUT ke-58 Lemhanas RI, Sabtu (20/5).

Mega mengenang masa kepemimpinan sang ayah Sukarno saat menjadi Presiden RI. Ia mengungkap bahwa dahulu tak ada kodam, tapi laskar-laskar. Laskar-laskar ini yang menurutnya berjuang menjaga keutuhan negara. Ia mengatakan saat ini lebih baik mengantisipasi atau menghindari perang.

“Angkatannya harus bagus, jangan mau-maunya sendiri, memperkaya diri,” katanya.

Pada awal 2023, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman mengusulkan ada kodam di tiap provinsi. Saat ini, total kodam di seluruh wilayah Indonesia ada 15.

Saat itu, Dudung mengklaim Panglima TNI telah menyetujui usulnya. Namun, belakangan TNI berencana akan menambah satu kodam terlebih dahulu.

Rencana penambahan kodam baru ini juga masih dalam pembahasan di Mabes TNI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *